Rabu, 21 Desember 2011

Cerita dan Kebenaran

Alkisah, ada seorang wanita yang sangat cantik, yang senang berjalan keliling kota. Ia selalu menjadi pusat perhatian karena kecantikannya. Setiap orang selalu ingin memandangnya, menyapanya, bertanya kepadanya, menghabiskan waktu bersamanya dan berbicara kepadanya. Di kota itu juga hidup seorang wanita lain. Dia juga sangat cantik, tetapi karena kemiskinannya ia tidak mampu memiliki pakaian yang indah-indah dan karena itu tak ada seorangpun yang ingin berurusan dengannya. Wanita itu menjadi sedih dan kesepian. Wanita itu sering memandang wanita cantik itu, yang selalu berpakaian sangat indah dan dengan semua perhatian yang didapatnya karena keindahan pakaiannya. Wanita miskin itu selalu berharap bahwa suatu saat nanti orang-orang juga akan memperhatikan dirinya karena wanita itu mempunyai banyak hal yang ingin ia bagikan kepada banyak orang.

Suatu hari wanita miskin itu memberanikan diri untuk menemui dan berbicara kepada wanita yang berbusana indah itu. "Permisi, katanya dengan suara yang lirih. Bolehkah saya meminta bantuan anda?" Wanita berbusana indah yang baik hati itu kemudian berhenti dan tersenyum keada wanita miskin itu.
"Tentu saja," jawabnya. "Apa yang bisa saya bantu?"
"Begini," kata wanita itu. "Anda sangat cantik dan selalu berbusana indah, sehingga semua orang akan berkeinginan untuk bertemu anda. Sedangkan saya hanyalah seorang miskin yang tentunya tidak mampu membeli pakaian yang indah, sehingga tak ada seorangpun ingin memperhatikan saya. Saya ingin untuk sehari saja boleh bersembunyi di dalam salah satu baju indah anda dan berjalan keliling kota bersama anda. Mungkin dengan demikian orang-orang akan memperhatikan saya, karena saya mempunyai hal penting yang perlu saya ceritakan kepada orang-orang. Mengenai nilai-nilai kehidupan, 'ah' andai saja mereka tahu itu."

Wanita cantik, elegan dan berbusana indah itu segera mengabulkan permintaan wanita miskin itu. Esok paginya, wanita cantik itu membungkus wanita miskin itu dengan baju indahnya, dan kemudian berjalan keliling kota bersamanya. Dimana-mana, seperti biasanya, semua orang akan sibuk memperhatikan wanita itu. Sekarang ia dan ditambah dengan satu lagi wanita cantik berbusana indah yang berjalan bersamanya. Selama berjalan, wanita berbusana indah itu akan berbicara dan mendengarkan cerita-cerita wanita miskin itu. Wanita cantk itu kemudian mengetahui betapa bijaksana wanita miskin itu, dan karena itu pulalah kemudian mereka menjadi sahabat. Sejak hari itu mereka selalu berjalan berdampingan, sampai sekarang di dunia ini.

Siapakah nama wanita cantik berbaju jelek itu? Dia dikenal sebagai 'kebenaran' , dan wanita cantik berbaju indah itu? Ia yang semua orang kagumi adalah bernama 'cerita.'

Tidak ada komentar: