Rabu, 27 Juni 2012

Sejarah Kompor

Sejarah mengenai kompor dimulai abad ke 18. Sebelumnya, masyarakat di Eropa memasak menggunakan tungku terbuka dengan pembakaran kayu. Lalu pada abad pertengahan, mulai muncul tungku dengan desain tinggi sepinggang sehingga orang tidak harus menunduk atau berjongkok saat memasak. Lalu bentuk kompor mulai dikembangkan sampai akhirnya tungku tidak lagi di pergunakan sejak tahun 1735,karena menghasikan banyak asap dan berbahaya. Lalu pada tahun 1922 muncul kompor gas yang di sebut AGA Cooker.Kompor yang masih populer sampai saat ini tersebut diciptakan oleh pemenang hadiah Nobel, Gustaf Dalen yang berkebangsaan Swedia.

Kompor minyak tanah portabel pertama kali dikenalkan tahun 1849 oleh Alexis Soyer. Kompor ini bertekanan udara yang dicampur dengan minyak tanah (mirip dengan kompor pedagang kaki lima jaman dulu). Sedangkan kompor yang lainnya adalah kompor minyak tanah yang tidak bertekanan karena menggunkan sumbu kompor. Namun tidak diketahui secara pasti kapan kompor ini ditemukan.

Kompor gas pertama kali dibuat pada tahun 1820, namun masih dalam bentuk eksperimen dan bersifat rahasia. Baru benar-benar muncul pertama kali pada World Fair di London tahun 1851. Mulai tahun 1880 kompor gas semakin dikenal masyarakat luas dan berkembang secara komersial, walaupun agak terhambat karena pertumbuhan jaringan pipa yang lamban.

Pada 20 September 1859, George B. Simpson di Washington DC, Amerika Serikat mematenkan kompor listrik yang menggunkan pemanas dari kumparan. Prinsipnya, energi listrik diubah menjadi energi panas lewat kumparan. Seiring perkembangan jaman, di tahun 1970 muncul ide untuk menggantikan kumparan kawat dengan glass-caramic, sehingga kompor termuktahir saat ini tidak berbau, berasap, dan ringkas.

Tidak ada komentar: