Sabtu, 05 Desember 2009

History of Christmas Tree


Banyak sekali dongeng mengenai asal usul dari pohon Natal, orang yg tidak berkenan dgn pohon Natal, memberikan dongeng sebagai berikut:

Bangsa Romawi menggunakan pohon cemara untuk perayaan Saturnalia, menghiasinya dengan hiasan-hiasan kecil dan topeng-topeng kecil, karena pada tgl 25 Desember itu adalah tanggal hari kelahiran dewa matahari Mithras yg asalnya dari dewa matahari Iran yang kemudian dipuja di Roma. Selain itu, hari Minggu adalah hari untuk menyembah dewa matahari sesuai dgn arti kata Zondag, Sunday atau Sonntag. Perlu ditekankan di sini bahwa dewa-dewa matahari lainnya juga seperti Osiris, dewa mataharinya orang Mesir, dilahirkan pada tgl 27 Desember. Dewa matahari Horus dan Apollo pada tanggal 28 Desember. Oleh sebab itu, ada aliran-aliran gereja tertentu yang mengharamkan tradisi pohon Natal ini sebab dianggap memuja dewa matahari.

Cerita lainnya lagi ialah: tradisi penggunaan pohon Natal ini berasal dari Martin Luther (1483-1564) yang mempopulerkan pohon Natal di Jerman. Ia begitu berkesan akan keindahan suasana Natal dan bertaburannya bintang di atas pohon cemara di sekitar rumahnya, sehingga ia berusaha untuk mengalihkan suasana Natal ini ke dalam rumahnya dengan cara mendekorasi pohon cemara tersebut menjadi pohon Natal.

Pertama kali pohon Natal tercantum secara tertulis di Elsas pada tahun 1520, sedangkan lukisan tertua yang menggambarkan pohon natal dihias berasal dari tahun 1579. Baru di tahun 1850 pohon Natal itu merambat menjadi tradisi di seluruh dunia. Pohon Natal bukanlah suatu keharusan di gereja maupun di rumah sebab ini hanya merupakan simbol saja agar kehidupan rohani kita selalu bertumbuh dan menjadi kesaksian yg indah bagi orang lain "evergreen".

Pohon Natal (cemara) ini juga melambangkan "hidup kekal", sebab pada umumnya di musim salju hampir semua pohon rontok daunnya, kecuali pohon cemara yang selalu hijau daunnya. Sedangkan perkataan Natal sendiri berasal dari bahasa Portugis yang artinya maulid, kelahiran, seperti dalam istilah Dies Natalis (Hari Kelahiran), adalah satu dari kata-kata, misalnya: sekolah, gereja, keju, mentega, yg kita warisi dari misioner Portugis yang datang ke Indonesia pada akhir abad XV. Sedang kata Christmas berasal dari kata Cristes maesse, frase dlm bhs Inggris yg berarti Mass of Christ (Misa Kristus). Kata Christmas sering disingkat menjadi Xmas. Sebab abjad "X" adalah abjad pertama dlm bhs Yunani untuk nama Kristus (Yesus).

Tidak ada komentar: