Jumat, 16 Oktober 2009

Aktor Kesuksesan Nintendo

Sebelum Satoru Iwata mengambil alih tampuk Presiden Nintendo Co Ltd. sekitar enam tahun yang lalu. Pasar video game masih dikuasai oleh Sony dengan Playstation 2-nya.

Akan tetapi sekarang, saat Iwata menjalankan roda bisnisnya di Nintendo, konsol game asal Jepang merajai pasar gadget di seluruh dunia. Meski dunia sedang dilanda krisis ekonomi, konsol Wii andalan Nintendo, berhasil menjual 7 juta unit di Jepang saja.

Keberhasilan Nintendo, tidak terlepas dari tangan dingin Satoru Iwata, yang sukses melahirkan generasi Nintendo Wii pada tahun 2006 lalu. Pada saat peluncuran Wii, dia telah mencanangkan motto, bahwa konsol game benar-benar dibuat untuk siapa saja, dengan usia berapapun.

Hasilnya, Wii menjadi nomor satu di jajaran konsol game dengan penjualan mencapai 34,6 juta unit, unggul dari Xbox 360 dengan 22,5 juta unit, dan Playstation 3 di angka 16,8 juta unit. Demikian yang diberitakan PC Magazine, Selasa (9/12/2008).

Iwata yang merupakan bagian keluarga pendiri Nintendo, Hiroushi Yamuchi. Memang sudah terlihat bakatnya dalam dunia progamer game saat duduk di SMA. Setelah lulus, dia melanjutkan pendidikannya di universitas teknologi terkemuka di Jepang, yaitu Tokyo Institute of Technology.

Menjadi bagian dari keluarga Nintendo, tidak serta merta membuat Iwata langsung masuk ke perusahaan besar itu. Dia memulai karirnya menjadi programer game perusahaan kecil bernama HAL Laboratory.

Baru pada tahun 2000, Nintendo menerimanya bekerja di sana. Hasil karyanya yang pertama the GameCube, gagal meraih sukses yang diinginkan. Konsol game itu masih kalah bersaing dengan Playstation yang lebih dulu booming.

Iwata yang ditawari Presiden Nintendo Co Ltd pada tahun 2002, saat perusahaan sedang mengalami keterpurukan, langsung diambil alihnya. Targetnya untuk mengembalikan kejayaan Nintendo di era Mario Bros, memuncah di dadanya.

Setelah berulang kali jatuh, serta belajar dari pengalaman sebelumnya. Nintendo akhirnya meluncurkan Nintendo Wii. Tidak butuh lama, Wii meledak dengan penjualan luar biasa. Oleh beberapa kalangan, kesuksesan Wii karena produk ini bisa menggabungkan untuk level umur yang berbeda dan perangkat hardware yang memikat.

Kini Nintendo, bisa tersenyum lebar lagi. Produknya yang lain, seperti Wii Fit, dan Nintendo DS maupun DSi, sukses meraup hasil yang serupa di seluruh dunia.

Tidak ada komentar: