Selasa, 13 Oktober 2009

Kisah Tiga Ekor Katak

Segerombolan katak sedang berjalan bersama-sama, saat tiba-tiba ada tiga ekor katak yang terjatuh ke dalam lubang.

Ketiga ekor katak itu berusaha untuk melompat ke atas, tapi lubang itu terlalu dalam sehingga mereka tampaknya tidak akan bisa naik ke atas.

Melihat hal itu, para katak lain mengatakan kalau mereka sebaiknya menyerah karena tidak mungkin mereka bisa naik dari lobang yang dalam tersebut.

Ketiga katak itu tidak menyerah, mereka terus berusaha untuk melompat ke atas.

Melihat hal itu, para katak lain semakin ramai dan masing-masing mengatakan kalau mereka berhenti saja karena tidak mungkin bisa melompat dari lubang yang dalam itu.

Mendengar perkataan dari teman-temannya yang semakin keras, akhirnya dua dari katak tersebut berhenti dan menyerah. Sementara yang satu semakin bersemangat untuk melompat.

Melihat hal itu, para katak lain semakin ramai dan mereka mulai memaksa agar katak yang terakhir untuk berhenti berusaha.

Namun tampaknya katak terakhir ini semakin bersemangat sehingga akhirnya dia bisa naik keatas. Dan setelah dia berada di atas, para katak yang lain bertanya. “Apakah kau tidak mendengarkan perkataan kami, kenapa kau malah bersemangat untuk naik keatas?”

Katak itupun menjawab, “Justru aku mendengarkan perkataan kalian. Aku berterima kasih kepada kalian semuanya karena telah menyemangatiku sehingga aku berhasil”

Tampaknya katak yang terakhir ini tidak bisa mendengar dengan jelas sehingga dia mengira teman-temannya berteriak untuk menyemangatinya.

Moral dari Cerita ini:
Perkataan orang lain bisa menyebabkan keberhasilan dan kegagalan seseorang.

Tidak ada komentar: