Senin, 18 Mei 2009

Jembatan Maaf

Alkisah di sebuah desa kecil, hiduplah dua orang kakak beradik. Entah mengapa, suatu kali keduanya terlibat dalam suatu pertengkaran serius. Baru pertama kali ini mereka bertengkar sampai sedemikian hebat.
Sebelumnya, selama 40 tahun mereka hidup rukun berdampingan. Mereka saling meminjamkan peralatan pertanian dan bahu membahu untuk berdagang, tanpa mengalami hambatan. Namun, kerja sama yang akrab kini telah retak.
Hal ini disebabkan oelh kesalahpahaman yang sepele, yang kemudian berkembang menjadi sebuah perbedaan pendapat yang besar. AKhirnya, meledak dalam bentuk caci maki.
Beberapa minggu sudah berlalu, dan mereka saling tidak bertegur sapa. Suatu pagi, seseorang tiba mengetuk pintu rumah sang kakak. Di depan pintu berdiri seorang pria dengan membawa sebuah kotak perkakas tukang kayu dan berkata, "Maaf tuan, sebenarnya aku sedang mencari pekerjaan, mungkin Tuan berkenan memberi beberapa pekerjaan untuk kuselesaikan,"
"Oh iya!" jawab sang kakak, "Aku punya pekerjaan untukmu. Coba lihat ladang pertanian di seberang sungai sana. Itu adalah rumah tetanggaku, ah sebetulnya ia adalah adikku. Minggu lalu ia mengeruk bendungan dengan buldoser, lalu mengalirkan airnya ke tengah padang rumput itu. Padang rumput tersebut menjadi alirang sungai yang memisahkan tanah kami. Hmmm, barangkali ia melakukan itu untuk mengejekku, tetapi aku akan membalasnya lebih setimpal. Di situ ada gundukan kayu. Aku ingin kau membuat pagar setinggi 10 meter untukku, sehingga aku tidak perlu lagi melihat rumahnya. Pokoknya aku ingin melupakannya. Kata tukang kayu itu .. "Aku mengerti". Tetapi belikan aku paku dan peralatan, dan aku akan mengerjakan sesuatu yang bisa membuat Tuan senang. Kemudian, sang Kakak pergi ke kota untuk berbelanja berbagai kebutuhan untuk si tukang kayu tersebut, setelah selesai berbelanja.. sang Kakak meninggalkan tukang kayu itu bekerja sendirian.
Sepanjang hari tukang kayu itu bekerja keras, mengukur, menggergaji, dan memaku. Di sore hari, ketika sang kakak yang petani itu kembali, tukang kayu itu baru saja menyelesaikan pekerjaannya.
Ia sangat terbelalak setelah melihat hasil pekerjaan tukang kayu itu. Ternyata, sama sekali tidak ada pagar kayu sebagaimana yang di mintanya. Yang ada hanyalah sebuah jembatan yang melintasi sungai, yang menghubungkan ladang pertanian adiknya. Jembatan itu begitu indah dan rapi dengan undak-undakan yang tertata rapi.
Dari seberang sana, terlihat sang adik bergegas berjalan menaiki jembatan itu dengan kedua tangannya terbuka lebar, dan berkata, "Kakakku, kau sungguh baik hati mau membuatkan jembatan ini. Maafkanlah sikap dan ucapanku yang telah menyakiti hatimu.
"Dua bersaudara itu pun bertemu di tengah-tengah jembatan dan saling berjabat tangan dan berpelukan".
Melihat itu, si tukang kayu itu membenahi perkakasnya dan bersiap-siap untuk pergi. "Hai jangan pergi dulu. Tinggalah beberapa hari lagi. Kami mempunyai banyak pekerjaan untukmu, pinta sang kakak."
"Sesungguhnya, aku ingin sekali tinggal di sini, kata si tukang kayu.." tetapi masih banyak jembatan lain yang harus kuselesaikan.

Tidak ada komentar: